8 IDE KONTEN UNTUK RESTORAN

Cukup sering Foyers mendapat pertanyaan “Ada ide konten untuk restoran gak?” atau denger keluahan seperti “Bikin konten buat bisnis F&B itu susah. Ruang lingkupnya kecil dan spesifik jadi itu-itu aja yang bisa diangkat”. Sebetulnya banyak hal yang bisa kita explore untuk konten bisnis F&B selain produknya itu sendiri, makanan dan minuman. Lalu konten lain apa saja yang bisa kita explore supaya Instagram bisnis F&B kita gak gitu-gitu aja?

  1.       Pilihan Menu Favorit Pegawai

Seringkali kita bingung kalau masuk ke suatu restoran yang baru pertama kali kita sambangi. Timbul pertanyaan di kelapa kita terkait makanan apa yang harus dipesan, apakah makanan tersebut enak dan akan sesuai dengan selera kita, dan seperti apa rasanya makanan tersebut. Ujung-ujungnya kita bertanya rekomendasi menu dari pramusaji yang melayani kita. Pilihan tersebut bisa saja menjadi menarik bila dipublikasikan melalui akun Instagram bisnis F&B kita. Hal paling menarik dari konten Instagram sebuah bisnis adalah insiders point of view.

  1.       Behind the Scene Sebelum Jam Operasional

Hal di balik layar akan selalu jadi hal menarik yang ingin orang ketahui. Bagaimana proses memasaknya, bagaimana sang koki memotong bahan-bahan yag digunakannya, bagai cara memilih daging yang baik, bagaimana menyeduh kopi yang benar, hal pertama yang dilakukan ketika mau memulai operasional, dan banyak konten di balik layarnya akan selalu menarik.

  1.       Cerita Pelanggan Setia

Coba sesekali ngobrol sama pelanggan setia kita. Apa yang membuat mereka tetap kembali dan ada cerita apa dari hidup mereka yang bisa kita bagikan. Ingat, gak melulu tentang bisnis kita. Apa yang mebentuk bisnis kita adalah juga cerita pelanggan kita.

  1.       The Overheard

Perbicangan di dalam restoran / cafe / warung tempat bisnis kita itu adalah hal menarik yang bisa kita bagikan. Lihat bagaimana konten-konten Overheard dapat sangat engaging untuk audiencenya.  

  1.       Sejarah Bisnis

Coba ceritakan bagaimana bisnis itu dibuat, apa tujuannya, kenapa dinamakan dengan nama tersebut dan mengapa memilih menyediakan pilihan makanan yang tertera di dalam menu?

  1.       Asal Usul Bahan

Asal usul bahan bukan hanyak soal daerah asalnya. Ada hal lain yang juga bisa diangkat, misalkan cerita dari pedagangnya atau petaninya. Background story seperti ini yang akan memperkuat cerita dari bisnis kita.

  1.       Cerita Tentang Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar tempat bisnis kita bisa jadi sumber cerita yang menarik untuk dibagikan. Misalkan sebuah coffee shop bisa saja menceritakan cerita penjual koran yang berjualan di depan tempatnya, pertemanan dengan pimilik cafe di sebelahnya, dan cerita tentang daerah tersebut. Fun facts yang bisa jadi cerita lebih dari tempat itu.

  1.       Cerita Unik Yang Terjadi di Tempat Bisnis Anda

Coba bagikan cerita unik yang terjadi dalam kegiatan bisnis sehari-hari. Mungkin ada gelas yang pecah, notes kecil dari customer yang bikin seneng, kesalahan beli bahan, atau hal unik lainnya yang menunjukkan bisnis kita lebih manusia (tidak selamanya sempurna).

__________

Follow us on:

 

Instagram : https://instagram.com/vosfoyer

Youtube: https://youtube.com/c/vosfoyerchannel

Facebook: https://www.facebook.com/vosfoyer/

Line@: @vosfoyer

back