CREATALKS VOL.1: BEING A LOVABLE CREATOR

WE ARE BACK!

Setelah beberapa waktu absen ngadain offline community event, kali ini vosFoyer balik lagi dengan program yang lebih FRESH and BOLD di 2019 ini! Sebelumnya vosFoyer udah punya dua offline event yakni VFrendZ dan #SaturdayvFunspiration. Nah, program baru ya kita namakan CREATALKS ini jadi penggantinya #SaturdayvFunspiration untuk lebih mempertajam bahasannya dan fokus pada kebutuhan dari para creator.

vosofyer creatalks

So, apa sih CREATALKS?

CREATALKS adalah program yang diinisiasi oleh vosFoyer dengan menggandeng Mau Belajar Apa dan juga Foodirectory. Program ini bertujuan untuk mendorong para creator baru maupun lama, untuk menghasilkan koten-konten yang tidak hanya bagus namun juga memberikan dampak bagi penikmatnya. CREATALKS juga jadi wadah bagi para creator untuk bertemu, bertukar pikiran, saling menginspirasi, dan berkolaborasi bersama. Untuk batch pertama ini, CREATALKS akan diadakan setiap 2 minggu sekali hingga akhir Mei 2019 dengan beragam topik yang terlah dipersiapkan.

Pada edisi pertama ini, tema yang diangkat dalam CREATALKS adalah “Being a Lovable Creator”. Disini Andrea Gunawan (@catwomanizer), content creator yang dikenal dengan pembahasan-pembahasan mengenai sex & relationship bersama Richiw Wirjan Founder of Credens Consulting dihadirkan sebagai pembicara. Keduanya membahasa bagaimana cara untuk menjadi sosok creator yang dicintai oleh audience-nya dengan memulai mengenal diri sehingga bisa menunjukkan identitas yang authentic di media sosialnya.

vosfoyer william sudhana catwomanizer

Andrea yang memulai menekuni dunia content creator melalui Instagram baru sejak Maret 2018 sudah berhasil membangun personal branding yang kuat dan berbeda dengan yang lainnya. Andrea akhirnya memutuskan untuk fokus pada topik sex & relationship karena ia merasa bahwa hal tersebut yang paling menarik untuk ia bahas dengan pengetahuan yang ia rasa cukup. Ketertarikannya juga didasari dengan minatnya dalam bidang psikologi serta pekerjaan yang iya emban sebelumnya di sebuah situs online dating.

vosfoyer creatalks

Pada awalnya ketika mulai menjadi content creator Andrea membuat content plan untuk menjadi panduannya dalam membuat konten. Dimulai dari diri sendiri, menetapkan signature style-nya, menentukan image yang ingin dibangunnya (direct & elegant), serta menentukan target market kontennya. Menurutnya, ada 4 hal yang bisa kita lakukan untuk mulai menentukan hal apa yang ingin kita tonjolkan di media sosial:

  • Find your passion
  • Define your personality
  • Know your strength
  • Explore more!    

william sudhana richie wirjan credens consulting

Melengkapi apa yang disampaikan Andrea, Richie menambahkan bahwa setidaknya ada beberapa hal yang harus dijawab ketika ingin membentuk personal brand:

  • What is your goal in the end?
  • What do you want to achieve?
  • What makes you unique?
  • What do you want to show to the world?
  • Do you know yourself?
  • Who is your target market?
  • What makes you happy?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, maka akan semakin mudah bagi seorang creator untuk konsisten dalam mengerjakan konten-kontennnya. Consistency is the key, and how to make you consistent? Create something that make your energize, that sparks happiness for you.

Creating content is not about are they happy or not, but it’s about are you happy?”

Jangan sampai nantinya karena kita tidak bisa konsisten dengan konten yang dibuat, timbul pertanyaan apakah kita sudah menjadi diri kita seutuhnya di media sosial? Apakah media sosial hanya menjadi lahan pencitraaan?. Anggapan ‘pencitraan’ akan mudah muncul ketika kita gak bisa konsisten dengan apa yang kita buat. Sebagai creator yang sedang membentuk personal brand, kita juga harus bertindak seperti brand pada umumnya. Mengerti bagaimana positioning diri kita di masyarakat. Ketika orang lain bisa mendefinisikan brand kita disaat itulah branding dapat dikatakan sukses.

vosfoyer creatalks

Yang dapat disimpulkan adalah, untuk menjadi a lovable creator, setiap creator harus dapat mendefinisikan dirinya dan apa yang ia inginkan secara utuh. As a creator, kita gak bisa memaksakan diri untuk menjadi lovable bagi semua orang. Yang bisa diusahakan adalah bagaimana caranya kita menjadi lovable bagi target market yang sudah kita tentukan, orang-orang yang dapat menerima dan memilki kesamaan nilai dengan kita.

vosfoyer creatalks

Everyone can be a creator because everyone has a unique value. It is just a matter of time for you to finally find and share that authenticity to the right audience in a right way. So, keep learn, explore and enjoy the process!  

_____

Follow us on:

Instagram : https://instagram.com/vosfoyer

Youtube: https://youtube.com/c/vosfoyerchannel

Facebook: https://www.facebook.com/vosfoyer/

Line@: @vosfoyer

back