Download Logo HUT RI ke-79 dan Mendalami Maknanya

Download Logo HUT RI ke-79 dan Mendalami Maknanya

Hari ulang tahun Republik Indonesia ke-79 memang masih 1 bulan lagi. Tapi, kamu sudah bisa download logo HUT RI ke-79 secara resmi untuk mempersiapkan konten dan materi marketing yang berhubungan dengan HUT RI ke-79 di bulan Agustus nanti. 

Sebelum itu, yuk kita cari tau dulu makna logo HUT RI ke-79 yang baru aja dirilis beberapa hari yang lalu! 

Menurut Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, logo HUT RI ke-79 ini terdiri atas angka 79 yang mencakup tujuh konsep: 

  • Negara kepulauan
  • Lambang negara
  • Pertumbuhan ekonomi
  • Keberlanjutan
  • Ekonomi hijau
  • Persatuan dan harapan
  • Serta kesetaraan

Angka 7 di logo ini ujungnya mirip paruh Garuda, lambang negara kita yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, dan melambangkan kekuatan negara. "Angka 7 ini juga kayak panah ke kanan atas, simbol harapan Indonesia buat ningkatin investasi dan ekspor untuk gerakin ekonomi," jelas Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono selaku Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Arah lengkungan yang saling terhubung dalam logo ini menggambarkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan. Bentuk dahan dan daun dari angka 9 melambangkan pembangunan yang berlandaskan ekonomi hijau, selaras dengan alam, dan tetap memperhatikan akar budaya dan identitas kita.

Kaki angka 7 dan 9 pada logo HUT RI ke-79 dibuat dari bentuk yang sama, membentuk dua tangan yang bersatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia, meskipun kita punya pendapat yang berbeda-beda. Dua gelombang di atas dan di bawah mewakili tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan pemerataan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Elemen grafis di logo HUT RI ke-79 terinspirasi dari aliran sungai yang merupakan sumber kehidupan. Umumnya sungai memiliki cabang-cabang yang pada akhirnya akan mengarah pada satu muara yang sama. Hal ini menyiratkan berbagai rumpun yang menyatukan kekuatan dan bergerak menuju Nusantara Baru Indonesia Maju

Logo HUT RI ke-79 Hasil Karya Inggrid Wenas

Inggrid Wenas adalah seorang Creative Director di ideologie, sebuah perusahaan branding dan desain yang berbasis di Surabaya. Logo ini dipilih sebagai pemenang dalam sayembara logo HUT RI ke-79.

Nah, HUT RI ke-79 mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju", temanya dipilih buat nunjukin perubahan, nggak cuma soal pindah ibu kota negara, tapi juga perubahan dalam kepemimpinan bangsa kita.

Setelah logo HUT RI ke-79 dirilis, banyak respon dari netizen yang negatif dan positif nih. Beberapa bilang logo HUT RI ke-79 keren banget dan cukup melambangkan semangat HUT RI ke-79 ini.

respon logo HUT RI ke-79

Nah, buat kamu yang mau download logo HUT RI ke-79 secara resmi bisa langsung klik foto di bawah ini ya. Linknya langsung ke website Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. 

Klik gambar untuk download logo HUT RI ke-79

Tapi, sebelum kamu pakai logonya. Pahami juga cara penggunaan logo HUT RI ke-79 yang benar dan sesuai dengan peraturan dari negara di bawah ini!

Pedoman penggunaan logo HUT RI ke-79

More articles

Cleora Beauty Viral Campaign Soal Jerawatnya Diserang Netizen

August 20, 2024

Cleora Beauty Viral Campaign Soal Jerawatnya Diserang Netizen

August 20, 2024

Cleora Beauty Viral Campaign Soal Jerawatnya Diserang Netizen

August 20, 2024