Ide Hook TikTok yang Bisa Bikin FYP di TikTok

Ide Hook TikTok yang Bisa Bikin FYP di TikTok

Untuk membuat konten TikTok yang berpotensi mendatangkan banyak engagement, perlu diterapkan ide hook TikTok yang tepat supaya viewers tertarik untuk membuka dan terus menonton videomu.

Pengertian Hook

Sebenarnya, apa itu hook? Singkatnya, hook merupakan elemen pembuka yang menarik dan bisa memikat perhatian audiens untuk menyimak video sampai tuntas. 

Hook terletak di beberapa detik pertama reel Instagram atau video TikTok dan memiliki teknik untuk memancing reaksi emosional atau rasa ingin tahu penonton. Dalam praktiknya, hook bisa berupa kutipan inspiratif, cerita singkat, fakta-fakta mengejutkan, atau bahkan pertanyaan provokatif.

Manfaat Hook untuk Konten Video

Mengapa hal ini penting diterapkan dalam pembuatan konten? Seperti yang disebutkan di atas, hook mampu menarik hati penonton untuk meng-klik dan menonton video sehingga keterlibatan audiens berhasil dibangun sejak awal.

Trik ini mampu untuk menjawab tantangan yang dihadapi konten kreator digital saat ini, yakni attention span para audiens yang semakin pendek.

Selain itu, hook yang menarik dan khas juga bisa meningkatkan brand awareness karena penonton cenderung lebih mengingat brand-mu jika mereka berhasil terpikat dengan konten yang kamu buat.

Hook Video ala Creative Agency

Salah satu company yang sudah menerapkan hook untuk videonya sendiri maupun video klien adalah creative agency vosFoyer. Contoh konten-kontennya bisa dengan mudah kamu temukan di TikTok @vosfoyer. Ide hook TikTok yang mereka pakai juga bisa, lho, kamu jadikan inspirasi dalam membuat short video!

Contoh pertama adalah konten yang membahas kejeniusan trik marketing. Pada detik-detik awal video, tertulis caption dalam huruf kapital yang memancing rasa ingin tahu penonton.

IKLANNYA JENIUS BANGET!!! Di Indonesia Juga Ada. Nanti di-spill di akhir video.’

Video tersebut mengulas trik pemasaran McDonald’s yang terbilang jenius karena memanfaatkan trik multi sensory marketing yang cenderung jarang dipakai.

McD hanya memasang banner satu warna tanpa logo, tetapi di dalamnya, tersimpan sajian kentang goreng yang mengeluarkan aroma sedap sehingga berhasil memikat orang-orang yang melewatinya.

Contoh kedua adalah video untuk klien vosFoyer, @ezvizindonesia yang menonjolkan ulasan CCTV spek tinggi dengan harga di bawah Rp300 ribu—sebuah angka yang terbilang murah bagi orang-orang yang menginginkan keamanan dengan kualitas tinggi.

Sementara untuk video klien dari @thelaughingcow.id, vosFoyer membuat konten video resep viral yang disukai banyak orang: mie instan goreng dengan topping keju Belcube dan Babybel. Hmm… kalau begini, siapa yang bisa menolak?

10 Ide Hook ala vosFoyer

Beberapa ide hook juga bisa kamu intip nih, lewat proyek podcast vosFoyer yang bertajuk ‘KuLi’ alias ‘Kumpul Leaders’. Contoh sudut pandang yang bisa kamu pakai antara lain:

1. Ini Contoh Kandidat yang Gak Lolos Interview

Lewat cuplikan episode KuLi berjudul “HR Bocorin Rahasia Kamu Gagal Interview” ini, vosFoyer membuat audiens penasaran dengan mengangkat POV yang banyak dialami para pencari kerja. Videonya bisa kamu lihat di sini.

2. Boss: “Iya Gue Tahu Kok Kalian Punya Grup Tanpa Gue”

Sudah jadi rahasia umum di dunia kerja bahwa karyawan memiliki group chat tanpa sosok bos atau atasan. Biasanya hal ini bertujuan untuk menumpahkan keluh kesah secara bebas.

Nah, fakta menarik ini diangkat oleh vosFoyer sebagai ide hook ketika mengunggah cuplikan episode “Kenapa Jadi Bos Galak Itu Gak Salah” di sini.

3. Cara Argumen Balik ke Bos dengan Elegan

Saat bekerja, ada kalanya karyawan memiliki pendapat yang berseberangan dengan bos. Nah, masih pada potongan episode yang sama, narasumber membagikan pendapatnya mengenai karyawan yang men-challenge atasan lewat unggahan ini.

4. Work From Home: Lebih Efektif atau Lebih Kacau

Semenjak pandemi Covid-19, kebijakan WFH alias Work From Home diberlakukan oleh beberapa perusahaan. Membawa banyak kemudahan bagi karyawan, tetapi ternyata ada perdebatan terkait efektivitas sistem kerja ini. POV ini diangkat untuk menarik audiens dalam menyimak cuplikan episode ini.

5. Dear Bos, Gen Z Bukan Generasi Lemah, Tapi…

Ide hook selanjutnya bisa diambil dari perdebatan hangat, salah satunya tentang Gen Z dan berbagai kritik yang mengelilinginya. Pada nukilan episode “Karyawan Jago Gak Jamin Jadi Manager yang Baik” ini, narasumber tidak hanya fokus pada kekurangan Gen Z, melainkan juga cara untuk mengatasi kelemahan mereka sebagai leader yang baik.

6. Culture Gak Ada yang Toxic, yang Toxic Itu…

Masih di episode yang sama. Kita kerap mendengar istilah lingkungan dan budaya perusahaan yang toxic, tetapi di sini, narasumber memberikan perspektifnya yang cukup berbeda dari kebanyakan orang. Nah, POV semacam ini juga bisa jadi daya tarik bagi audiens.

7. Cari Konflik Sebanyak-Banyaknya Kalau Mau Karir Berkembang

Dalam menjalani karir, narasumber pada cuplikan episode “Rahasia Leader yang Dihargai Tim” ini justru mengimbau para audiens untuk mencari konflik karena hal itu bisa membuat mereka berkembang. Unik dan cukup kontroversial, tapi POV ini sangat cocok sebagai ide hook Tiktok.

8. AI Bisa Menggantikan Peran Bos, Apa Iya?

Inspirasi hook selanjutnya bisa diambil dari isu AI yang tengah santer belakangan ini. Apa iya AI bisa menggantikan peran bos dalam memimpin dan membimbing karyawan? Jawabannya bisa kamu simak di nukilan episode ini.

9. Cari Muka Itu Penting! Tapi…

Meski sering dicap buruk, ternyata ada bos yang menganggap bahwa sifat suka cari muka sebagai hal yang baik. Nah, perspektif unik pada cuplikan episode “Cara Mimpin Tim Total 1000 Orang ANTI DRAMA” ini tentunya mampu memancing perhatian audiens, apalagi mereka yang punya rekan kerja dengan sifat serupa.

10. Ini Tipe Orang yang Gak Bisa Jadi Bos di Kantor

Jika para leader biasanya membahas kekurangan karyawan, beberapa narasumber di KuLi justru kerap mengkritik sosok yang kurang memiliki kemampuan menjadi pemimpin. Salah satunya bisa kamu lihat di cuplikan video TikTok satu ini.

Nah, itu dia sederet ide hook TikTok dari konten video vosFoyer yang semoga bisa membantu kamu mencari inspirasi! Gak mau ribet bikin konten sendiri dari awal? Kalo gitu, minta tolong vosFoyer aja dengan langsung ketuk DM Instagram @vosfoyer!

More articles

Cleora Beauty Viral Campaign Soal Jerawatnya Diserang Netizen

August 20, 2024

Cleora Beauty Viral Campaign Soal Jerawatnya Diserang Netizen

August 20, 2024

Cleora Beauty Viral Campaign Soal Jerawatnya Diserang Netizen

August 20, 2024